Sosialisasi Permenhan RI No 6 Th 2015. Tentang Pedoman Pelibatan TNI Dalam Penanggulangan Bencana Di Korem101 Antasari

Banjarmasin (08-08-2019). 100 peserta dari personil jajaran Korem101 Antasari dan BPBD Provensi Kalimantan Selatan menerima sosialisasi dari Kementrian Pertahanan Republik Indonesia di Aula Korem 101 Antasari.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan agar tidak terjadi kesalahan dalam bertindak dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas. Maka Permenhan ini dapat memberikan gambaran bagaimana mekanisme bantuan penggunaan dan pengerahan kekuatan TNI yang sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku sekaligus untuk mempermudah pelaksanaan koordinasi dengan Stahekolder terkait dalam penanganan kebencanaan.

Sebagai mana diketahui dalam undang-undang no 34 tahun 2004 pasal 7 ayat 2 huruf b nomor 12 tentang TNI dalam tugas selain perang adalah untuk membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Hadir dalam sosialisasi ini Kasi Oprasi Korem Letkol Inf Imam Muhtarom selaku wakil dari Komandan Korem101/Antasari, Kasi Pers Korem , Kasi Ter Korem, Kasi Ren Korem, Kabintal Korem, Pa kum Korem dan bapak Abriansyah Alam wakil dari BPBD Kalsel.

Adapun tim Dari kemhan yaitu Kol Czi Harri Dolli Huta Barat, S. Sos, M. Si., M. Si. Kasubdit pengerahan komcadduk ditrah ditjen strahan kemhan, letkol Inf Taswin Arief jabatan sehari-hari Kasi Komduk Subdit pengerahan komcadduk ditrah ditjen strahan kemhan, dan hadir juga Kol Inf Benny wahyudi H S. Sos Kakanhan wilayah Kalsel.

Dalam sambutannya Derektur Pengerahan Brigjen TNI Haryadi, S. IP yang dibacakan oleh Kol Czi Hari Dolli Hutabarat berharap agar peserta betul-betul memperhatikan penjelasan yang akan disampaikan oleh tim agar dapat memahami isi dari permenhan untuk pelaksanaan tugas nantinya.
“Saya berharap kepada seluruh peserta agar memperhatikan dan menyimak dengan sungguh-sungguh semua penjelasan yang akan disampaikan oleh tim. Apabila terdapat beberapa hal yang belum dimengerti agar ditanyakan, sehingga pada saat selesainya sosialisasi seluruh peserta betul-betul memahami isi dari Permenhan ini dan menjadi acuan atas pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas pelibatan dalam penanggulangan bencana”. Ucap Brigjen TNI Haryadi

Post Author: Korem 101 Antasari

Lelaki. Kota Banjarbaru. Kalimantan Selatan