Kasdam VI/Mulawarmasn Pimpin Upacara HUT Infanteri 2017

Dalam rangkaian upacara peringatan Hari Infanteri dibacakan sejarah singkat Infanteri dengan paduan penampilan tentara tradisional TNI AD pejuang tempo dulu ketika perang hutan geriliya berjuang menumpas penjajah bersama Panglima Besar Jenderal Sudirman yang dilaksanakan di Lapangan DR Murjani Banjarbaru Selasa (19/12) pagi tadi. Serta pernyataan  penyerahan simbol Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya yang terakhir di pimpin Letnan Dua Inf Kyai Roja. A Kesatuan Yonif 623/Bwu.

Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso bertindak sebagai inspektur upacara dan menjadi komandan upacara Letkol Inf Mahmud Danyon 623/Bwu.

Amanat Danpussenif Mayjen TNI Surawahadi,  S.I.P., M.Si. yang di baca langsung secara tertulis Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Remukso menyampaikan peringatan Hari Infanteri dimaksudkan untuk mengenang peristiwa bersejarah yang dikenal dengan nama Agresi Militer Belanda II, dimana pada tanggal 19 Desember 1948 Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat No.1/PB/D/1948 yang ditujukan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu Perintah Siasat No. 1/1948 tanggal 12 Juni 1948 untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta. Maka lahirlah  Pasukan Tradisional TNI AD Infanteri pejalan kaki geiliya mengusir penjajah.

Kasdam VI Mulawarman juga menyampaikan ketika dijumpa pers bahwa peringatan Hari Infanteri sangat sederhana dan meriyah ini mempunyai bertujuan untuk menghidupkan kembali dan memperkokoh tekad dan semangat juang Tentara Keamanan Rakyat dalam perjuangannya dicerminkan pada sosok Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Kuantitas yang besar itu menjadi tidak berarti apabila prajurit Korps Infanteri tidak memiliki profesionalitas dan semangat juang yang tinggi. Upacara juga di hadiri oleh Gubernur Kalsel dan Danrem 101/ Ant Kolonel Inf Yudianto Putra Jaya, S.E., M.M., Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan jaya, Kabinda Kalsel, Danrindam VI/ Mlw, Unsur TNI dan Polri, Forkopimda, serta Ibu Persit dan Peserta upacara.

Usai acara dilaksanakan dilanjutkan dengan penyerahan piala pemenang lomba Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya oleh Kasdam VI Mulawarman. (Penrem 101Ant)

Post Author: Korem 101 Antasari

Lelaki. Kota Banjarbaru. Kalimantan Selatan