Capping Day Mahasiswa Akper Kesdam Mulawarman

Banjarmasin – Bertempat di Maridian Room Hotel Nasa Banjarmasin pada Senin (22/04/2019), seluruh mahasiswa dan mahasiswi Akper Kesdam VI/Mulawarman terhadap 72 orang mahasiswa yang terdiri dari 15 Mahasiswa Tugas belajar dari TNI-AD dan 57 Mahasiswa Umum Tahun Angkatan 2018-2019, beserta dengan para pimpinan, dosen dan staf menghelat kegiatan Capping Day. Dari tahun ke tahun secara rutin menggelar acara seremonial yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat satu, Saat Capping day mereka mengucapkan janji mahasiswa, kemudian secara simbolis para mahasiswa dan mahasiswi diberi pin dan bagi yang wanita dipasangi kap serta peresmian penggunaan seragam perawat.

Dalam rangkaian acara tersebut, para calon tenaga perawat profesional ini juga diajak untuk mengenang kembali tokoh perawat internasional asal Italia, Florence Nightingale. “Tujuannya agar para mahasiswa tidak hanya mengikuti perkembangan dunia kesehatan pada zaman sekarang, namun juga mengenal tokoh pejuang kesehatan dari Italia tersebut. Selain mengenalkan kepada mahasiswa tokoh kesehatan tersebut, menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kami juga meningkatkan pelajaran bahasa Inggris kepada setiap para mahasiswa,” tutur Direktur Akper Kesdam VI/Mulawarman, Hj Tri Mawarni, S.Kep,Ns, M.Kep.

Sebagai bentuk kesiapan mahasiswa saat diterjunkan ke rumah sakit, Hj Tri Mawarni, S.Kep,Ns, M.Kep mengklaim bahwa pihaknya telah membekali anak didiknya dengan ilmu dasar kebutuhan dasar manusia. Untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat, kami akan tempatkan mahasiswa tersebut  untuk mengadakan aplikasi keperawatan di Rumah Sakit-Ruamah Sakit yang ada di Banjarmasin.

Selain itu, Hj tri Mawarni berharap agar para mahasiswa yang berada dibawah naungan Akper Kesdam mampu mengabdikan diri bagi masyarakat dan pasien yang dirawat. Spesifikasi utama dari kampus ini sendiri adalah pertolongan pertama pada korban bencana. Jadi keunggulan kami adalah di bidang kegawat  daruratan,” ujarnya.

Acara Capping Day tersebut juga dihadiri oleh Dandenkesyah Banjarmasin Letkol Ckm Sukargi S.Kep, Ns.M.Kes beserta jajarannya, Kopertis XI Wilayah Kalimantan, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Karumkit Tk.III Dr. R. Sueharsono Banjarmasin Letkol Ckm Karumkit tngkat IV Guntung Payung, para staf dosen dan mahasiswa serta keluarga mahasiswa Akper Kesdam V/Mulawarman.

Post Author: Korem 101 Antasari

Lelaki. Kota Banjarbaru. Kalimantan Selatan