RUMAH PAK HASAN ” DIRESMIKAN IRJENAD MABES TNI – AD

MARTAPURA -Penerima manfaat program bedah rumah kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-102 Mat Hasan (55) kini betul- betul merasakan kegembiraannya tak terhingga. Pasalnya rumah yang di bedah oleh satuan tugas TMMD Kodim 1006/ Mtp miliknya diresmikan Jenderal TNI Bintang Dua Johny.L.Tobing Rabu 8/8/2018 pagi tadi di Desa panyiuran Rt.03 Kecamatan Pengaron Martapura Kab Banjar.

 

Pak Hasan (55) berterima kasih kepada Mayjen TNI Johny.L.Tobing dan personel TNI Angkatan Darat Kodim 1006 Martapura yang sudah memperhatikannya dan Masyarakat disini. Sungguh penghargaan yang sangat mulia buat kami dan keluarga. Seraya berharap kegiatan ini jangan cukup sampai disini saja, masih banyak warga yang kurang mampu didesa kami mengharapkan uluran tangan kepada TNI dan Pemerintah untuk membantu seperti sekarang ini ungkapnya.

Irjenad Mayjen TNI Johny.L.Tobing berpesan kepada Mat Hasan agar menjaga semua aset pembangunan yang sudah dikerjakan dan dibantu personel TNI. TNI  hanya sebatas membantu perbaikan rumah melalui program TMMD selebihnya pak hasan sendiri yang berkeinginan membangun kedepan lebih baik.

 

Inspektur Jenderal Mabes TNI- AD menutup kegiatan TMMD itu sekaligus memastikan bahwa sasaran pembangunan fisik sesuai program yang direncanakan.

 

Melalui Roda Empatnya Irjenad Mabes TNI-AD dipandu Dansatgas TMMD Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil S sos melihat pembangunan jalan sepanjang 10  kilometer, melihat bangunan musolla, renovasi rumah Mat Hasan serta jembatan.

 

Selain kehadirannya menutup Program TMMD Ke-102 Kodim 1006/ Mtp Iya juga membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat bahwa di samping kegiatan-kegiatan tadi, dalam TMMD ke-102 ini TNI juga bekerja sama dengan Kemenpora   RI guna menyukseskan program unggulan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD), yaitu dengan meningkatkan kemandirian generasi muda di pedesaan dengan turut serta secara aktif membantu kegiatan fisik dan non fisik.

 

Saya berbesar hati melihat bagaimana program ini berhasil dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing para kaum muda dalam hal olah raga, menciptakan lapangan kerja baru bagi mereka serta mendayagunakan segenap potensi desa mereka masing-masing secara optimal.

 

Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu member-dayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

 

Oleh karena itu, TNI AD berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai kekuatan pertahanan. Meskipun tugas pokok tentara adalah menjadi yang terdepan di masa konflik, namun di masa damai tentara juga wajib berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini dimanifestasikan diantaranya dengan turun ke lapangan membantu program pembangunan dan kesulitan rakyat, karena masa damai pada hakekatnya adalah masa persiapan untuk perang. Selanjutnya, untuk lebih mempererat hubungan silaturahmi dan kekeluargaan antara TNI dengan rakyatnya, maka para anggota Satgas TMMD saya wajibkan tidur di rumah dan makan bersama masyarakat dengan memanfaatkan ULP Prajurit yang telah diberikan oleh Komando Atas.

 

Sejarah perjuangan Bangsa kita telah membuktikan bahwa TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat dalam merebut kemerdekaan. Sampai kapanpun, roh TNI adalah rakyat karena ” Rakyat adalah TNI dan TNI adalah Rakyat”.

 

dalam acara tersebut Danrem 101/Ant, Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, Bupati Banjar H.Khalilurrahman, Wakil Bupati Banjar H.Saidi Mansyur, Sekda Banjar Nasrunsyah, Kadis PU Helmi, Asintel Kasdam VI/Mlw  para Dansat TNI/ Polri, FKPD,SKPD, Tokoh agama dan Masyarakat serta para Undangan.

 

Post Author: Korem 101 Antasari

Lelaki. Kota Banjarbaru. Kalimantan Selatan