Kodim 1004 Kotabaru Sosialisasikan Perekrutan Personil TNI-AD

KOTABARU –  Sebanyak 33 orang pelajar di SMA 1 Berangas yang berada di Kecamatan Pulau Laut Timur, terdiri dari 26 orang siswa dan 7 orang siswi dan semuanya dari kelas XII antusias mengikuti kegiatan sosialisasi perekrutan dan bagaimana cara bisa ikut bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Darat, Selasa (15/5).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh jajaran Danramil 1004/07, sebagai salah satu upaya untuk menginformasikan kepada para pelajar yang ingin atau berminat bergabung menjadi anggota TNI AD.

 

Disampaikan oleh Dandim 1004 Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto S Sos, melalui Plt Danramil 1004/07 Pulau Laut Timur Pelda Sucianto bahwa, pelaksanaan sosialisasi tersebut atas instruksi langsung dari Komandan Distrik Militer (Dandim) 1004 Kotabaru kepada jajaran di bawahnya agar lebih di kenal pada kalangan pelajar khsususnya di Kabupaten Kotabaru.

 

“Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi perekrutan anggota TNI AD berjalan lancar dengan bantuan pihak sekolah SMA 1 Berangas, utamanya kepada Kepala Sekolah dan jajaran dewan guru,” tutur Sucianto.

 

Dalam kesempatannya, ia berkesempatan menjelaskan apa saja syarat-syarat untuk bisa bergabung mendaftar menjadi anggota TNI AD, seperti halnya, Warga Negara Indonesia (WNI), beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945, tidak memiliki catatan kriminal, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

“Setelah persyaratan itu terpenuhi semua, kemudian melakukan pendaftaran secara online, calon datang dan lapor ke Koramil 1004/07 atau datang langsung ke Makodim 1004 Kotabaru dengan membawa administrasi seperti ijazah SD hingga SMA dan perguruan tinggi bagi yang sudah mengecam pendidikan Strata 1. Kemudian, membawa akte kelahiran, KTP, SKCK, pas photo terakhir hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar,” terang Plt Danramil menjelaskan.

 

Dikatakannya lebih jauh, pendaftaran calon anggota TNI AD pada Tamtama, Bintara dan Perwira sama sekali tidak di pungut biaya apapun termasuk membantu pembinaan fisik. Hal tersebut merupakan suatu wujud kepedulian Kodim 1004 Kotabaru khususunya kepada Danramil 1004/07 Pulau Laut Timur kepada masyarakat sebagai bukti bahwa TNI manunggal bersama rakyat.

 

Melihat sosialisasi yang di gelar, salah satu siswa menanggapi bahwa, dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh jajaran TNI AD tentunya sangat berterimakasih, karena selain menambah pengetahuan seputar perekrutan menjadi calon anggota TNI AD juga pastinya mampu menjadi salah satu daya tarik bagi siswa itu sendiri.

 

“Saya mewakili pelajar yang lainnya memberikan apresiasi kepada jajaran TNI AD yang sudah melaksanakan sosialisasi perekrutan menjadi calon anggota TNI AD, dan menurut saya itu sangat bermanfaat sekali bagi kalangan pelajar, apalagi kalau ada yang ingin mendaftarkan diri dan secara tidak langsung sudah di jelaskan apa-apa saja yang menjadi persyaratannya,” ujarnya tersenyum.

Post Author: Korem 101 Antasari

Lelaki. Kota Banjarbaru. Kalimantan Selatan