DENHUBREM 101 BANJARMASIN

Denhubrem 101 Bjm

Denhubrem 101 Bjm selaku badan pelaksana aju hubdam VI/Mlw diwilayah Korem 101/ Ant memiliki tugas pokok membantu Danrem 101/Ant dalam menyelenggarakan dukungan perhubungan di wilayah Korem yang meliputi Pembinaan komunikasi, teknik perhubungan dan pernika serta bidang fungsi organik. Dalam pelaksanaan tugasnya, secara taktis operasional bertanggung jawab kepada Danrem 101/Ant dan secara teknis operasional bertanggung jawab Kepada Kahubdam VI/Mlw.

Sebagai salah satu badan pelaksana setingkat Korem, Detasemen Perhubungan 101 Bjm bertugas sebagai pelaksana fungsi komunikasi serta membantu Komandan Korem dalam membina dan menyelenggarakan dukungan perhubungan serta pelayanan jasa komunikasi di wilayah Korem 101/Ant.

Dalam melaksanakan tugasnya Denhubrem 101 Bjm membawahi  subden subden yang berperan membantu dalam tugas pelayanan jasa komunikasi yang dilaksanakan oleh Denhubrem 101 bjm ,adapun subden yang dimaksud adalah :

1.    Subden komlek  (Sub Detasemen Komunikasi dan Elektronika). Bertugas menyelenggarakan dukungan perhubungan  dalam bidang :

a.   Melaksanakan pembuatan jaring komunikasi Makorem 101/Ant kebawah sampai dengan Koramil, Satpur, Banpur, serta pembuatan jaring dalam rangka latihan/ gladi dan siaga PAM VVIP/VIP, guna mendukung tugas satuan diwilayah Korem 101/Ant.
b.   Melaksanakan hubungan jaring/ kirim terima berita Kodam -Korem – Kodim  melalui senkom korem.
c.   Melaksanakan dukungan komunikasi lapangan baik dalam rangka latihan, operasi maupun kegiatan lainnya.
d.   Menyelenggarakan dukungan tata suara di Makorem.
e.   Menyelenggarakan pembuatan laporan kegiatan pemberitaan, laporan    komunikasi mingguan, dan laporan tagihan telepon (L 15 ).

2.    Subden pernika   (Sub Detasemen Perang Elektronika). Bertugas menyelenggarakan dukungan perhubungan dalam bidang :

a.    Menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan pernika yang meliputi monitoring dan observasi.
b.    Memberikan dukungan pernika dalam penginstalasian terbatas bagi sarana pernika yang digunakan.
c.    Menyelenggarakan dukungan pernika bagi satuan yang melaksakan tugas atau latihan, dan kegiatan kegiatan lainnya
d.    Menyelenggarakan pembuatan laporan kegiatan pernika.

3.      Subden konbekharstal   (Sub Detasemen Konstruksi Perbekalan, Pemeliharaan dan Instalasi). Bertugas menyelenggarakan dukungan perhubungan dalam bidang :

a.   Menyelenggarakan pelaksanakan kegiatan  konbekharstal yang meliputi perbekalan dan instalasi.
b.   Menyelenggarakan penginstalasian terbatas bagi sarana bekharstal yang digunakan.
c.   Menyelenggarakan dukungan bekharstal bagi satuan yang melaksanakan tugas atau latihan dan kegiatan kegiatan lainnya.
d.   Menyenggarakan pemeliharaan alhub secara terbatas ( har TK 2).
e.   Menyelenggarakan pembuatan laporan kegiatan bekharstal yang dilaksakan.