Korem 101/Antasari, Polda Kalsel & SMKN 1 Banjarmasin Gelar Lomba Ketangkasan PBB Tingkat Nasional, Bangun Karakter Generasi Muda Indonesia

BANJARMASIN – Korem 101/Antasari, Polda Kalsel, dan SMKN 1 Banjarmasin menggelar Lomba Ketangkasan PBB (Peraturan Baris – Berbaris) Laskar Dwi Warna Competition 2022 Tingkat Nasional, untuk menumbuh kembangkan sikap nasionalisme dan pembentukan karakter generasi muda dalam mendukung program pemerintah dalam membangun karakter Bangsa Indonesia di SMK Negeri 1 Banjarmasin, Jl. Mulawarman Gg. Milono No.8, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Jumat (18/3).

Baris-berbaris merupakan suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu, serta menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

Kegiatan Lomba Ketangkasan Peraturan Baris – Berbaris Laskar Dwi Warna Competition 2022 Tingkat Nasional, diikuti oleh peserta berjumlah 65 tim, terdiri dari tingkat SD 8 tim, tingkat SMP 29 tim dan tingkat SMA 28 tim. yang berasal dari daerah Bekasi, Semarang, Klaten, Subang, Cirebon, Sumatera Utara, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasiter Kasrem 101/Antasari Letkol Kav Dicky Armunantho Mulkan., M.I.K. menyatakan “kegiatan ini sebagai salah satu wahana yang baik, guna meningkatkan rasa nasionalisme, sikap hormat menghormati dan terciptanya generasi muda yang jujur, tangguh, mandiri dan pekerja keras sehingga dapat meningkatkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, serta rasa persatuan dan kesatuan yang merupakan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia,” ucapnya.

“Kepada peserta lomba ketangkasan peraturan baris-berbaris, saya mengharapkan agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar dapat tercipta siswa berkarakter yang menyadari hak dan kewajibannya sehingga terbentuk generasi muda yang memiliki idealisme yang tinggi terhadap bela negara dan nasionalisme bangsa, yang pada akhirnya kalian akan dapat ikut dalam mengawal dan menyelamatkan NKRI yang kita cintai ini,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 101/Ant mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia penyelenggara dan pendukung yang telah bekerja keras demi terselenggaranya lomba, begitu pula kepada para Kepala Sekolah dan Guru-guru yang telah berpartisipasi dalam menyiapkan dan mengirimkan siswa/siswinya yang terbaik.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kasiter Kasrem 101/Antasari, Dansat Brimob Polda Kalsel, Kepala Sekolah SMKN 1 Banjarmasin, Pelatih, Pembina dan Peserta Lomba. (Penrem 101/Ant).