Gencarkan Revolusi Hijau, Danrem 101/Antasari Ajak Insan Pers Kalsel Tanam Mangrove Rambai

Barito Kuala – Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menggelar Silaturahmi Danrem 101/Antasari dengan Insan Pers di Wilayah Kalsel, melalui kegiatan Revolusi Hijau Penanaman Pohon Mangrove Rambai dengan tema “Jaga Mangrove Untuk Bumi Kita” bertempat di Taman Wisata Alam Pulau Bakut, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Kamis (25/11/2021).

Penanaman Pohon Mangrove ini didukung oleh BKSDA Kalimantan Selatan, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya erosi dan sebagai pelestarian ekosistem alam, serta sebagai ajang untuk mengenalkan potensi wisata alam yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan kepada Insan Pers dan masyarakat.

Sekjen PWI Kalimantan Selatan Yusni Hardi menyatakan “Kita ketahui mangrove ini sangat tepat untuk dikembangkan, karena menjaga sistem perairan, ini sangat membantu, semoga bisa berlanjut, tidak hanya TNI, namun juga bisa dilaksanakan oleh masyarakat secara umum”, ucapnya.

“Penanaman pohon ini sangat berfungsi untuk mencegah bencana alam. Kami nilai Danrem 101/Antasari mengajak kami menanam pohon mangrove di Pulau Bakut ini adalah sangat luar biasa dalam menjaga ekosistem”, pungkasnya.

Sementara itu Danrem 101/Antasari mengatakan “kami melaksanakan kegiatan silaturahmi Danrem 101/Antasari bersama dengan Insan Pers dikemas dengan kegiatan penanaman Pohon Mangrove. Kita juga ajak rekan media untuk berkunjung ke Pulau Bakut, sehingga lebih mengenal bagian wilayah Kalimantan Selatan. Melalui kegiatan ini kita bisa memberikan kontribusi positif kepada Kalimantan Selatan. Semoga pihak-pihak lain juga bisa melakukan hal yang sama untuk mengantisipasi erosi dan bencana alam di wilayah Kalimantan Selatan”, ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan “kita juga berharap kepada insan pers untuk bisa menginformasikan kepada masyarakat bahwa, kita harus pelihara bersama kondisi yang sudah baik dengan mematuhi aturan yang telah ditentukan dalam rangka antisipasi perkembangan Covid-19 di Kalimantan Selatan”, tambahnya.

“Satu hal lagi kita butuh kerja sama dan kerja keras kita semua, baik itu Pemerintah Daerah, Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan rekan-rekan media. Mari kita imbau masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera melaksanakan vaksin, karena di wilayah Kalsel baru mencapai kisaran 46 % dari target sekitar 70 %. Mari kita edukasi masyarakat, bahwa dengan melaksanakan vaksinasi akan menimbulkan kekebalan kelompok (herd immunity)”, pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Danrem 101/Antasari, Para Kasi Korem 101/Antasari, Dandim 1005/Barito Kuala, Kepala BKSDA Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala SWK lll, Sekjen PWI Kalimantan Selatan, Ketua IJTI Kalimantan Selatan dan Insan Pers Kalimantan Selatan. (Penrem 101/Ant).