Babinsa Koramil 08/LAU Dampingi Study Banding Pemdes Bambulung Kalteng

BARABAI-Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara Sertu Maskuri mendampingi study banding Pemerintahan desa Banua Kupang terima kunjungan Pemdes Bambulung Kecamatan Pematang Karau Kab.Barito Timur Kalimantang Tengah bertempat di gedung Citra Banua desa Banua Kupang Kec.Labuan Amas Utara Kab.Hulu Sungai Tengah (HST). Minggu (14/11/2021).

Kunjungan Pemerintahan Desa Bambulung ini dalam rangka Study Banding dengan Pemerintahan Desa Banua Kupang,”terang Badawani (Sekdes) Ketua Tim Pemdes Bambulung dalam kata sambutannya.

Badawani menyampaikan maksud dan tujuan kami bersama rombongan untuk menyerap tata cara pengelolaan Bumdes dan APBdes desa Banua Kupang yang merupakan desa percontohan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,”sambungnya.

Kamipun berharap ke depan desa kami desa Bambulung dapat menjadi salah satu desa Percontohon dari 13 desa yang ada di kecamatan Pematang Karau Kab.Barito Timur,”harapnya.

Direktur Bumdes Muda Karya Desa Banua Kupang Zainal Hakim menyampaikan sejak menjabat sebagai Direktur Bumdes pada tahun 2018 sampai saat ini syukur alhamdulillah sudah berjalan dengan baik dan lancar serta dapat dipertagungjawaban secara administrasi.

Untuk tahun 2022 Bundes Muda Karya akan merencanakan usaha caffe outdor dengan tema “instragramable” perikanan, perikanan dan perkebunan dengan sistem bagi hasil dengan pengelola.”tuturnya.

Sedangkan Kepala Desa Bambulung Uliadi usai menerima paparan Direktur Bumdes Muda Karya, sangat mengapreasi usaha Bumdes Muda Karya meskipun unit usaha masih minim atau sedikit akan tetapi hasil sedikit akan tetapi sangat besar manfaatanya dalam mendukung pendapatan asli desa ini sangat menginspirasi kami laksanakan di desa Bambulung,”ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan study banding desa Bambulung di desa Banua Kupang antara lain; camat LAU yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Anang Elhalminy,S.Sos, Plt.Kepala Desa Banua Kupang Ardiansyah,S.Pi,M.Pd, Ketua PBD Banua Kupang, Direktur Bumdes Muda Karya, Aparat Desa Banua Kupang, Babinsa Sertu Maskuri, sedangkan dari desa Bambulung antara lain; Camat Pematang Karau H.Edy Edwar,S.Sos Kepala Desa Bambulung Uliadi, Kepada BPD dan Ketua Bumdes Desa Bambulung serta aparat desa Bambulung.(pendim1002).