Anggota Kodim 1002/HST Bersama BPBD dan Warga Gotong Royong Bersihkan Lumpur Yang Menutupi Jalan

Barabai-Anggota Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (anggota Koramil 1002-7/Batu Benawa) bersama BPBD dan warga masyarakat melaksanakan pembersihan tanah longsong sepanjang 50 meter di desa Pasting RT. 002/001 kecamatan Hantakan Kab. HST. Senin (15/11/2021).

Tanah longsor ini akibat Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dini hari hingga pagi tadi dan menyebabkan sungai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sehingga merendam sejumlah daerah permukiman yang berada dekat aliran sungai di HST digenangi air.

Danramil 1002-07/Batu Benawa Kapten Inf Andi Tiro yang juga sebagai pelaksana harian Perwira Seksi Operasi Kodim 1002/HST mengatakan akibat hujan yang cukup tinggi mengakibatkan dua unit jembatan darurat larut terbawa derasnya air sungai.

Jembatan tersebut terdapat di desa Baru Kecamatan Batu Benawa dan di desa Murung-B kecamatan Batu Benawa dan tanah longsor di desa Pasting kecamatan Batu Benawa Kecamatan Hantakan, namun jalan sudah dapat dilewati berkat gotong royong yang dilakukan anggota bersama warga masyarakat,”terangnya.

Sementara di wailayah dataran rendah terutama di wilayah bantataran Sungai Barabai mulai mengalami peningkatan air hingga merendam sejumlah pemukinan warga,’sambungnya.

Dandim 1002/HST, Letkol Inf Muh Ishak HB menyebut sungai di Hantakan dan Batang Alai memang mengalami kenaikan sekitar pukul 06.00 Wita. Saat ini, cuaca di HST cerah kembali.

“Sempat mengalami kenaikan volume air di daerah Hulu Sungai Barabai, kini air mulai surut, namun di dataran rendah seperti di wilayah Barabai dan pemukiman yang berada di bantaran sungai Barabai mengalami peningkatan” kata Dandim usai meninjau sungai di Desa Alat Hantakan.

Dandim memerintahkan anggotanya agar segera berkoordinasi dengan BPBD HST. Terutama melakukan pemantauan ke daerah-daerah rendah dan bantaran sungai di HST, tetap waspada tetapi jangan panik,”tegasnya.(pendim1002).