Waasops Kasad Brigjen TNI Rifki Melaksanakan Pengecekan Alutsista Korem 101/Antasari

Banjarmasin. Alutsista merupakan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional lndonesia, Alutsista terdiri dari peralatan utama beserta peralatan pendukung yang menjadi suatu sistem senjata yang memiliki kemampuan untuk pelaksanaan tugas pokok TNI.

Kemampuan dan kekuatan pertahanan negara diselenggarakan secara terpadu dan bertahap sesuai dengan kemampuan negara serta diarahkan untuk mewujudkan pertahanan yang profesional dan modern yang mampu menindak dan menanggulangi setiap ancaman.

Peningkatan kemampuan pertahanan dilakukan dengan strategi dan perencanaan pertahanan diarahkan pada pembentukan minimum essential force. Upaya untuk mencapai kondisi tersebut dilakukan dengan pengadaan dan pemeliharaan Alutsista.

Untuk meningkatkan dan modernisasi Alutsista TNI, maka komando atas dalam hal ini Staf Ops Kasad Bidang Siapsat melaksanakan pengawasan dan evaluasi di Korem 101/Antasari bertempat di Ruang Yudha Korem 101/Ant, Jum’at (12/11).

Waasops Kasad Brigjen TNI Rifki, S.E., M.M. dalam pengarahannya menyampaikan “Pada tahun anggaran 2021 ini baru dapat melaksanakan pengawasan evaluasi Alutsista, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melihat langsung kondisi Alutsista yang ada di satuan bawah dan apakah Alutsista dukungan dari komando atas sudah didistribusikan hingga kesatuan bawah” ucapnya.

“Adapun sasaran yang menjadi obyek pemeriksaan berupa alat peralatan dan perlengkapan, alat optik, senjata dan munisi, kendaraan, LCR, alat perhubungan dan alat perbekalan prajurit’’ pungkasnya.

Sementara itu Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah pada kesempatannya menyampaikan “Dengan pengecekan ini, kita semua berharap agar dapat meningkatkan  pemberdayaan Alutsista yang ada, dan untuk Alutsista yang sudah rusak agar segera dilaporkan serta lakukan pengajuan sesuai kebutuhan guna mendukung tugas pokok TNI”, sebutnya.

Lebih lanjut  “Dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah Kalimantan Selatan, kiranya kami  mendapatkan dukungan alat atau kendaraan untuk pemadam kebakaran, karena di wilayah Kalimantan Selatan rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di setiap tahunnya”, tegasnya.

Pada kesempatan ini juga Waasops Kasad melaksanakan pemeriksaan gudang senjata dan munisi yang ada di Korem 101/Antasari dan Kodim 1007/Banjarmasin guna untuk memastikan keberadaan senjata dan munisi serta pengamanannya.

Hadir dalam kegiatan Wasev, Danrem 101/Antasari, Dandim 1007/Banjarmasin, para Kasi Korem 101/Antasari dan para Dan/Kabalak Aju Kodam VI/Mulawarman Wilayah Korem 101/Antasari yang terkait dengan Alutsista. (Penrem 101/Ant).