Korem 101/Antasari Tuntaskan Latihan Gulbencal Karhutla

Banjarbaru. Korem 101/Antasari tuntas menggelar Latihan Gulbencal (Penanggulangan Bencana Alam) kebakaran hutan dan lahan, di Mako Denzipur 8/Gawi Manuntung. Jumat (12/11/2021).

Latihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 8 s.d. 12 November 2021. Materi yang diperoleh peserta latihan berupa materi teori dan praktik mengenai penyiapan posko, teknik pemadaman, pengorganisasian penyiapan posko, teknik pengungsian, kesehatan (P3K) dan distribusi logistik.

Danrem 101/Antasari dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasrem 101/Antasari Kolonel Arh Heri Purwanto, S.I.P. menyatakan “melalui kegiatan latihan ini, tentunya Korem 101/Antasari beserta unsur terkait lainnya akan semakin mantap dalam berkoordinasi dan bersinergi karena telah mendapatkan pelatihan aplikasi secara menyeluruh tentang bagaimana cara dan prosedur dalam penanggulangan bencana alam di wilayah Kalimantan Selatan sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing”, ucapnya.

“Untuk itu, saya harapkan agar bekal yang telah diperoleh selama mengikuti  latihan penanggulangan bencana alam ini, benar-benar dapat dijadikan pegangan dalam mendukung pelaksanaan tugas, apabila nanti terjadi bencana alam terutama kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing”, sebutnya.

“Saat ini telah memasuki musim penghujan, untuk itu agar mewaspadai terjadinya bencana banjir dan tanah longsor terutama di daerah-daerah yang rawan bencana, lakukan sosialisasi kepada masyarakat dan terus monitor perkembangan situasi di wilayah masing-masing”, pungkasnya.

Acara briefing penutupan latihan Gulbencal Karhutla ini dihadiri oleh Dandim 1006/Banjar, Sekda Kota Banjarbaru, Kapolres Banjarbaru, Dandenzipur 8/Gawi Manuntung, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Kepala BPBD Kota Banjarbaru, Kasatpol PP Kota Banjarbaru, Kepala Basarnas Banjarmasin, serta Para BPK dan Manggala Agni. (Penrem 101/Ant).