Danrem 101/Antasari, TMMD ke-112 Dapat Meningkatkan Akselerasi Pembangunan Daerah

Barabai. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah TA 2021, ditutup dengan penyerahan hasil TMMD dari Danrem 101/Antasari kepada Bupati Hulu Sungai Tengah. Penyerahan hasil TMMD tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Rantau Keminting, Kamis (14/10/2021).

Penutupan TMMD ke-112 ditandai dengan penandatanganan berita acara hasil program TMMD HST oleh Dandim 1002/HST dan Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang disaksikan oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, unsur Forkopimda Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Wadanyonif 621/Manuntung, Sekda dan jajaran Kadis Pemkab Hulu Sungai Tengah, Ketua MUI Kec. Labuan Amas Utara, Camat Labuan Amas Utara, Pembakal Desa Rantau Keminting, dan Kapolsek Labuan Amas Utara.

Sasaran TMMD ke-112 Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah berupa sasaran fisik dan sasaran nonfisik. Sasaran fisik berupa sertunisasi jalan sepanjang 1.725 meter menghubungkan Desa Rantau Keminting dengan Desa Tungkup Kec. Labuhan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah, Pembuatan Siring kanan/kiri Jalan Panjang 1.034 meter, perbaikan 2 unit jembatan kayu, rehabilitasi Mushola dan bedah rumah tidak layak huni, dan semuanya dapat diselesaikan 100 % selama kurang lebih 1 bulan.

Sedangkan untuk sasaran non fisik diantaranya pemberian bantuan sosial berupa Pelayanan KB, Pengobatan Gratis, Pemberian Sembako, Vaksinasi. Serta pemberian Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan wawasan kebangsaan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan KB, Penyuluhan Perikanan/Peternakan, Penyuluhan Teroris & Radikalisme, Penyuluhan Pelayanan Kesehatan, Penyuluhan pencehagan penularan Covid 19, Posyandu, Penyuluhan Stunting, dan Penyuluhan Posbindu.

Danrem 101/Antasari, saat membacakan sambutan Pangdam VI/Mulawarman, menyampaikan “TNI Manunggal Membangun Desa diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun infrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI-Rakyat”, ucapnya.

“Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat”, jelasnya.

Kegiatan ditutup dengan peninjauan lokasi pembukaan jalan, tinjau perbaikan jembatan TMMD ke-112 Kodim 1002/HST, peninjauan rehabilitasi mushola dan rumah tidak layak huni, serta pemberian bantuan sosial sembako kepada masyarakat di Desa Rantau Kaminting, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (Penrem 101/Ant).