Korem 101/Antasari Siap Mendukung Program Susur Sungai Martapura Bungas

MARTAPURA – Rabu ( 8/9) Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng Instansi TNI Korem 101/Antasari, Kodim 1006/Banjar, dan Kodim 1007/Banjarmasin dalam revitalisasi susur sungai Martapura Bungas.

Usai susur sungai Martapura melalui titik start dermaga Bekantan Banjarmasin hingga finish di dermaga sungai Pakuaman Martapura.

Rombongan dipimpin langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana didampingi Kasiter Korem 101/Ant Letkol Kav Dicky Atmunantho Mulkan, Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom, para Kadis DLH, dan Instansi Terkait.

Kadis DLH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana dalam Rapat Koordinasinya yang berlangsung di Aula Makodim 1006/Banjar mengatakan susur Sungai Martapura Bungas merupakan upaya pemerintah dalam pengelolaan Daerah Aliran SungaiĀ  untuk pariwisata, transportasi dan berbagai kegiatan lainnya.

Dalam waktu dekat kita akan launching pada tanggal 18 September 2021 pembersihan dan normalisasi susur Sungai Martapura Bungas bersama TNI dan Polri juga relawan serta masyarakat.

Melalui program tersebut, kata dia, pemerintah ingin membuat Sungai Martapura menjadi objek wisata yang lebih dikenal baik nasional maupun internasional.

Tentunya ada dukungan dari Warga , Tokoh Masyarakat, Alim ulama dan juga Tokoh Agama. Penyisiran tidak hanya satu tempat saja pada Kota Banjarmasin, di sepanjang Sungai Martapura hingga ke Kabupaten Banjar, juga dilakukan pembersihan.

“Dalam program ini, Pemprov ingin meminimalisasi jamban-jamban yang tidak teratur, kemudian desa-desa yang berada di tepi sungai menjadi desa tematik, indah menghadap sungai seperti yang ada sebagian di Kota Banjarmasin dan Banjar,” ungkapanya.

Sementara Itu Korem 101/Ant melalui Kasiter Letkol Kav Dicky Atmunantho Mulkan, menuturkan bahwa Danrem 101/Ant Sebagai Dansatgas mendukung program kerja Dinas Lingkungan Hidup.

Dalam dukungannya selain moril juga pelibatan Personil TNI baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU juga Kepolisian kita mintakan turut mendukung, kalau pelibatan TNI tentunya semua harus mendukung.

Ini bagian dari tugas kita bersama, sungai merupakan sarana dan juga menjadi kebutuhan masyarakat tentunya harus terlihat begitu bersih program bina masyarakat yang hidup di seputar sungai.

“Rencana ini akan bisa terwujud bila ada kolaborasi yang baik semua pihak terkait,” pungkasnya.