Kasrem 101/Ant Bersama Forkopimda Tabalong Tinjau Sasaran TMMD Ke-110

Tanjung. Kasrem 101/Ant Kolonel lnf M. Sujono, S.E., SH., M.Si., M.Han bersama Forkopimda Kab. Tabalong yang turun ke lokasi meninjau sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 yang secara resmi telah dibuka, Selasa (2/03/21).

Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -110 dilaksanakan di Halaman Pendopo Bersinar Kelurahan Pembataan Kabupaten Tabalong dengan jumlah tamu undangan terbatas guna untuk menerapkan protokol kesehatan.

Usai pembukaan, dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi TMMD di Desa Lok Batu Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Selain peninjauan sasaran utama yaitu pembuatan jalan, rombongan juga meninjau lokasi pembuatan jembatan, pembangunan pagar mushola, pos komando Taktis (Kotis) dan pelaksanaan donor darah.

Komandan Kodim 1008/Tanjung menunjukan dan menerangkan kepada rombongan mengenai sejumlah infrastruktur yang akan dibangun di lokasi tersebut. Ia menjelaskan, selama program TMMD dilaksanakan, terdapat beberapa sasaran fisik maupun kegiatan non fisik yang akan dilaksanakan.

Dalam kegiatan fisik, mengutamakan membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang betul-betul menjadi kebutuhan dan menyentuh langsung kepentingan masyarakat. Kegiatan fisik yang dilakukan tentu juga bermanfaat untuk membantu membuka isolasi daerah terpencil, dengan membuka akses yang lebih luas untuk pemasaran hasil bumi dan produk-produk yang ada di desa, guna mendukung pertumbuhan roda perekonomian masyarakat pedesaan.

“Adanya sasaran fisik pembangunan jalan juga diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengangkut hasil panen. Dan secara garis besar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat” Terang Dandim 1008/Tanjung.

Sedangkan sasaran non fisik TMMD juga diarahkan untuk meningkatkan wawasan dan semangat kebangsaan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta kesadaran bela Negara, sehingga mampu mengunggah semangat persatuan dan kesatuan Bangsa.

Sementara itu Kasrem 101/Ant juga menyampaikan bahwa “Pelaksanaan TMMD ke 110 ini dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah daerah guna percepatan pembangunan dan kemajuan daerah khususnya di Kab. Tabalong” ujarnya

“Dengan kegiatan ini juga diharapkan kedepan masyarakat akan lebih mudah dan lebih cepat apabila hendak bepergian maupun membawa hasil panen keluar daerah” pungkasnya