Danrem 101/Antasari Buka Briefing Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem101/Antasari TA. 2020

Banjarbaru – Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah membuka briefing latihan penanggulangan bencana alam tahun anggaran 2020 di lapangan upacara Den Zipur 8/GM, Senin (14/12/2020).

Korem101/Antasari selaku Komando Kewilayahan mempunyai tugas pokok yang diamanatkan dalam undang-undang RI No 34 Tahun 2004 yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Selain itu sesuai dengan UU no 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Maka TNI AD secara sah terlibat dalam penanggulangan bencana yang tergabung dalam organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Untuk itu satuan Korem101/Antasari melaksanakan latihan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuannya guna menjamin kesiapan operasional satuan dalam menghadapi bencana, salah satunya menghadapi bencana alam kebakaran hutan dan lahan yang ada di Kalimantan Selatan.

Latihan ini akan berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 14-18 Desember 2020 dengan tema Korem101/Antasari beserta jajaran melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda untuk menanggulangi terjadinya bencana alam karhutla di wilayah Kalsel dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam Vl/Mulawarman.

Dalam sambutannya Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menyampaikan bahwa menyikapi kondisi tersebut, maka perlu adanya upaya guna mewujudkan kemampuan satuan dan personel agar senantiasa kesiapan operasional dalam operasi militer selain perang dengan meningkatkan kemampuan dan sinergitas antara pemerintah daerah, TNI-Polri dan Instansi terkait lainnya dengan melaksanakan latihan penanggulangan brncana alam kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan selatan.

Selanjutnya Danrem juga berharap kepada seluruh peserta latihan agar memanfaatkan waktu latihan yang relatif singkat seoptimal mungkin, serta menciptakan kerjasama dan sinergitas antar instansi agar latihan dapat berjalan sesuai tujuan dan sasaran latihan yg diharapkan.

“laksanakan latihan ini dengan penuh semangat dan motivasi tinggi, namun tetap mempertahankan faktor keamanan dan juga tetep menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan latihan”. Pungkasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Perencanaan Kasrem 101/Antasari, Dandim 1006/Martapura, Danden Zipur 8/GM, Kepala Basarnas Kota Banjarbaru, para lnstansi pemerintah daerah kota Banjarbaru, TNl/Polri, BPK dan Manggala