TMMD ke 109 Kodim 1001 Amt Resmi Ditutup

Amuntai – Dengan berakhirnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 1001/Amuntai, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto selaku PKO TMMD diwakilkan oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, di Aula Idham Khalid Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menutup Pelaksanaan TMMD 109 Tahun 2020, Rabu (21/10/2020).

Acara yang didahului dengan laporan Dandim 1001/Amt selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi tentang pekerjaan TMMD yg semuanya telah rampung 100%.

Dilanjutkan sambutan Bupati Huluu Sungai Utara ( HSU) Drs. H. Abdul  Wahid H.K., M.M., M.Si. mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas capaian dari kegiatan TMMD ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama di Desa Sarang Burung serta ucapan terimakasih kepada pimpinan TNI yang telah membantu pemerintah daerah.


Adapun Sambutan Pangdam yang dibacakan Danrem antaran lain mengatakan bahwa  program TNI Manunggal Membangun Desa ke-109 TA 2020 ini merupakan Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun insfrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap ter-peliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah serta kerja keras seluruh komponen masyarakat, seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara.

Pada TMMD 109 pelaksanaan untuk Kodam VI/Mlw di wilayah Kodim 0907/ Tarakan, Kodim 0910/Malinau, Kodim 1001/Amuntai dan Kodim 1022/Tanah Bumbu mengambil tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”. Tema ini sejalan dengan Kebijakan Pemerintah untuk memberikan kesempatan membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong. Dengan telah selesainya pelaksanaan TMMD ke-109 TA 2020 pada hari ini, Pangdam selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Operasional TMMD (PKO TMMD) dan atas nama keluarga besar TNI  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Bupati beserta jajarannya, serta  instansi terkait, serta semua pihak yang telah bekerjasama dan membantu pelaksanaan TMMD ke-109 TA 2020 sehingga dapat berjalan tertib dan lancar sesuai tujuan yang diharapkan.

Pangdam mewakili seluruh prajurit dan pribadi juga  mohon maaf, apabila selama pelaksanaan TMMD berlangsung ada prajurit yang secara sengaja maupun tidak sengaja melakukan tindakan      yang kurang berkenan pada saat melaksanakan tugas. Pungkasnya

Sedangkan disela-sela peninjauannus Danrem berharap kepada masyarakat agar hasil TMMD dirawat dengan baik sehingga bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama dan memohon kepada pemerintah daerah dari hasil pekerjaan ini untuk dapat ditindaklanjuti.

Kebersamaan dan sinergi yang telah terjalin selama ini dapat terus dibina dan ditingkatkan, bukan saja pada pelaksanaan TMMD, melainkan pada kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan sinergi dan kebersamaan kita dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.