Danrem Perkuat Wawasan Kebangsaan, Kepada Para Da’i

Banjarmasin – Sebanyak 100 Dai di Kalimantan Selatan mendapat pembekalan wawasan kebangsaan dari Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah di Hotel Roditha Banjarmasin, Selasa (20/10/2020).

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19 Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam hal ini Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel menyelenggarakan Bimbingan teknis penguatan kompetensi penceramah Agama Islam se- Kalimantan Selatan angkatan I diikuti oleh 300 peserta yang dibagi dalam tiga gelombang dengan memberikan beberapa materi, kali ini giliran Danrem 101/Antasari Memberikan pembekalan materi dengan judul Pengenalan kehidupan berbangsa dan bernegara  antara lain tentang Pancasila, UUD ’45, beserta isinya.

Materi tersebut diambil agar nantinya dapat menjadi landasan mereka dalam melakukan dahwah kepada masyarkat, dengan harapan dalam dakwahnya nanti, para Dai dapat membangun Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Insaniyah. Kata Danrem.


Dalam konteks situasi sekarang program ini sangat relevan dengan kebutuhan dan kondisi saat ini, dimana pemangku kepentingan masyarakat yaitu ulama dan dai menjaga kedamaian dan kerukunan untuk tegaknya pemerintahan.

Apabila semua potensi yang ada disatukan, maka Bangsa Indonesia akan memiliki kekuatan luar biasa dalam membangun dirinya menjadi bangsa yang besar serta siap menghadapi semua Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan.

Dengan semangat persatuan dan kesatuan akan menimbulkan rasa kebangsaan dan bela negara yang tinggi, dan dapat diimplementasikan dengan cara sederhana yaitu berbuat yang terbaik melalui profesi masing-masing untuk ikut membangun negara, khusus para Dai adalah bagaimana mereka dapat membentuk moral yang tinggi dan mempertebal keimanan dan ketaqwaan masyarakat.

Mari kita siapkan diri dan bahu membahu antar komponen Bangsa untuk melaksanakan dan menyelesaikan semua tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan negara dengan niat tulus iklas hanya untuk memberikan pengabdian terbaik kepada NKRI yang kita cintai. Imbuhnya.