Korem 101 Antasari Gelar Latihan Posko I Yonif 621 Manuntung

Barabai – Komando Resor Militer (Korem) 101/Antasari menggelar Latihan Posko I Batalyon Infanteri 621/Manuntung, Antasari Yudha VIII TA. 2020 yang dibuka oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah berlangsung di Aula Mayonif 621/Manuntung, Selasa (13/10/2020).

Latihan Posko I Batalyon Infanteri 621/Manuntung Antasari Yudha VIII TA. 2020 ini merupakan kegiatan yang telah diprogramkan dari komando atas, dalam rangka menguji kerjasama dan koordinasi antara komandan dan staf yang ada di tingkat batalyon guna meningkatkan kemampuan seorang komandan satuan dalam menggunakan seluruh kemampuan yang dimiliki batalyon guna mendapatkan kesiapan satuan dalam melaksanakan tugas.

Pelaksanaan Latihan Posko I selama tiga hari terhitung dari tanggal 13 s.d 15 Oktober 2020, dengan mengangkat tema “Yonif 621/Manuntung melaksanakan tugas operasi lawan insurjensi di wilayah Kalimantan Selatan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam VI/Mulawarman”.


Dalam Amanatnya Danrem mengatakan bahwa Latihan posko I ini merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf, unsur pelayan, komandan satuan bawah serta komandan satuan perkuatan dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama, koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik dan teknik, olah yudha, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki dan prosedur serta tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta kemampuan kodal operasi.

Adapun materi yang akan diberikan berkaitan erat dengan peningkatan kemampuan dan ketrampilan para komandan dan staf dalam menerapkan proses pengambilan keputusan melalui prosedur hubungan komandan dan staf, pengendalian dan pengawasan operasi, penggunaan protap, sistem komunikasi dan gelar Posko sehingga, mampu merencanakan dan mempersiapkan serta melaksanakan pengendalian pada Operasi Lawan Insurjensi di daerah.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini adalah agar memahami dan mampu melaksanakan Kodal pada suatu kegiatan proses perencanaan dan persiapan operasi serta Proses Pengembalian Keputusan Taktis (PPKT) dalam mekanisme yang ada.

“Laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, penuh rasa tanggung jawab, ikuti norma yang ada jangan menggunakan selera ikuti protap yang telah ditentukan dan ikuti buku petunjuk yang ada. Kita bekerja dan latihan harusĀ  dengan hati agar dapat berjalan dengan profesional, ingat latihan itu bukan sesat dan perlu dilaksanakan. Perhatikan protokol Kesehatan covid-19 dalam pelaksanaan latihan ini.” Pungkasnya