Mengenang Peringatan 158 Tahun Wafatnya Pangeran Antasari, Danrem 101 Antasari Pimpin Ziarah

BANJARMASIN – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Ziarah ke makam Pahlawan Nasional Pangeran Antasari dengan para undangan mengenakan pakaian adat Banjar, Minggu (11/10/2020).

Peringatan ke-158 Wafatnya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari diawali dengan Penghormatan, dilaksanakan di depan komplek persemayaman Pangeran Antasari dipimpin oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan do’a.

Kegiatan dihadiri oleh Plt. Gubernur Kalsel H. Rudi Resnawan beserta Forkopimda,
Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK, Plt.Sekda Prov Kalsel beserta SKPD, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsudin Noor serta Para veteran dan Camat setempat melanjutkan tabur bunga di Komplek Makam P. Antasari.


Dalam kesempatan itu Rudi Resnawan mengatakan bahwa semangat perjuangan Pangeran Antasari harus menjadi contoh kita semua apalagi kaum melenial saat ini dalam rangka mengisi kemerdekaan, sesuai pesan dari almarhum, Haram Menyerah, Waja Sampai Kaputing.

Dalam kesempatan tersebut pimpinan Ziarah Brigjen TNI Firmansyah mengatakan bahwa
Kegiatan ini bukan sekedar rutinitas tahunan, namun hal ini jadikan momentum yang sangat berharga untuk mengenang kembali kegigihan pangeran Antasari dalam melawan penjajah. Beliau mempunyai kepemimpinan yang cerdas, cerdik, alim, patriotisme dan nadionalis dan dicintai masyarakatnya menjadi sebuah pembelajaran sejarah untuk diterapkan dalam kehidupan kita dimasa kini maupun dimasa mendatang.

“Semangat sang pahlawan harus kita wujudkan dalam membangun bangsa ini menjadi lebih baik, terutama persatuan dan kesatuan dalam mengedepankan kebersamaan. Disitu juga tergambar bahwa semangat beliau dapat kita aplikasikan dalam menjalankan misi kemerdekaan untuk negara dan daerah yang lebih baik lagi.”lanjutnya

“Intinya semangat haram menyerah waja sampai kaputing harus diaplikasikan dalam mengisi Kemerdekaan ini.” Pungkasnya

Usai prosesi ziarah selesai, Pemerintah Provinsi Kalsel juga memberikan tali asih kepada para keluarga atau ahli waris para pejuang di Kalsel yang diserahkan langsung oleh Plt. Gubernur Kalsel.