Antisipasi Banjir, Babinsa Kodim Barabai Bersama Bhabinkamtibmas Pantau Debit Sungai

BARABAI- Hujan yang mengguyur wilayah Hulu Sungai Tengah dari Siang Hingga malam hari, membuat debit air Sungai Barabai mengalami kenaikan debit Air.

Dalam rangka menagantisipasi bencana Banjir, Babinsa Kodim 1002/Barabai bersama mitra kerja Bhabinkamtibmas melaksanakan peninjauan debit air sungai Barabai.Senin (28/9).

Seperti yang Dilakukan oleh Sertu Sudarwanto bersama anggota Bhabinkamtibmas Polres HST memantau debit air sungai Barabai di Kelurahan Barabai Utara.

Disampaikan oleh Sertu Sudarwanto meskipun mengalami kenaikan air, sungai Barabai masih terpantau aman dan terkendali, namun kita menghimbau kepada warga masyarakat yang tinggal dibantaran sungai agar hati-hati dan waspada.”terangnya.

Sudarwanto juga menghimbau agar warga yang mempunyai anak-anak kecil agar lebih waspada dalam menjaga anaknya jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.”imbuhnya.

Sementara itu ditempat terpisah Serda Sanu bersama Koptu Tajuddin melaksanakan pemantau air sungai diobyek wisata Riam Bajandik dan Manggasang sekaligus menghimbau kepada warga agar untuk sementara tidak turun ke sungai demi keselamatan.”ujarnya.

Sementara itu Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H.Baharuddin, S.I.P.,M.I.Pol terkait kegiatan Babinsa memantau debit air sungai Barabai menegaskan bahwa sudah menjadi kewabajiban para Babinsa melaksanakan pemantauan wilayah, apalagi kondisi cuaca saat ini tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan,”tuturnya.

Kegiatan mereka ini merupakan salah satu upaya komando kewilayahan dalam membatu pemerintah daerah tentang antisipasi Bencana Alam, sehingga apabila terjadi bencana, Satuan teritorial maupun pemerintah daerah sudah siap menghadapinya dengan dasar keadaan nyata dilapangan yang dilaporkan oleh Babinsa bersama Bhabinkamtibmas.”tegasnya.(pendim1002).