Bentuk Masyarakat Yang Berkarakter, Kodim Barabai Gelar Pembinaan Wawasan Kebangsaan

BARABAI-Kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam suasana pembaharuan ini menjadi semakin penting untuk dicermati, oleh karena besarnya pengaruh budaya, pandangan hidup, sistem politik, tata nilai dan sistem ekonomi yang berkembang dalam tata kehidupan masyarakat Indonesia.

Dalam rangka membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, Kodim 1002/Barabai menggelar kegiatan pemabianaan wawasan kebangsaan Trimwulan III tahun anggaran 2020, bertempat di Aula Sapta Marga Makodim 1002 Jalan Telaga Padawangan Kelurahan Barabai Timur Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).Kamis (10/9).

Kegiatan pembinaan wawasan yang bertemakan “PEMBINAAN WAWASAN KEBANGSAAN MEMBENTUK MASYARAKAT YANG BERKARAKTER DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN”.dibuka oleh Plh Pasiter Kodim 1002/Barabai Kapten Inf Moh. Alip Suroso.

Dalam sambutan Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H. Baharuddin, S.I.P.M.I.Pol yang disampaikan oleh Kapten Inf Moh Alip Suroso, bahwa pembinaan wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk membina dan membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke- Bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”tuturnya.

Didalam kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan ini para peserta yang terdiri dari adik-adik pramuka dan pelajar tingkat SLTA ini diberikan materi-materi tentang Empat pilar konsensus dasar bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, Bahaya Narkoba dan pergaulan seks bebas, Bela negara untuk menjaga Keutuhan NKRI, Etika Pergaulan dan Proxy war.”tambahnya.

Selain itu para peserta juga disuguhkan dengan materi Outbond yang bersifat menanamkan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, kerja sama dan kewaspadaan diri seperti : Water Estafet, Permadani terbang, Tongkat Estafet, Buldozer, Bola Tali dan Holahop.

Dari semua materi-materi maupun permainan Outbound yang diberikan, diharapkan para para peserta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka menyongsong yang lebih cerah dan gemilang.”pungkasnya.(pendim1002).