Mengawali Kunjungan Kerja Ke Wilayah Nunukan, Pangdam VI/Mulawarman Datangi Pos Satgas Pamtas Yonif 623/BWU

Nunukan – Mengawali tugas sebagai Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr (Han) melakukan kunjungan kerja ke satuan di daerah perbatasan negara RI-Malaysia yaitu di wilayah Kabupaten Nunukan dengan didampingi Ibu Ketua Persit KCK PD VI/Mlw Ibu Endang Heri Wiranto, Kamis (13/8/2020).

Dalam kunjungan kerja ke wilayah Nunukan, Pangdam VI/Mulawarman didampingi oleh Asintel Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Nyamin, S.I.P. beserta ibu, Asops Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Yudha Airlangga beserta ibu, Dandeniteldam VI/Mlw.

Dari jajaran Korem 092/Maharajalila yang ikut rombongan Pangdam VI/Mlw adalah Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Suratno, S.Sos beserta ibu, Kasi Intelrem 092/Mrl Kolonel Chb Wahid, Kasi Opsrem 092/Mrl Letkol Inf Jatmiko Arianto beserta ibu, Dandim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto dan ADC Danrem 092/Mrl Serda Zakaria.

Dan satuan yang dikunjungi pada kesempatan kali ini adalah Satuan Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia, Satgas Pamtas Yonif 623/BWU dan Kodim 0911/Nunukan. Kunjungan pertama dilakukan di wilayah Pulau Sebatik yaitu di Pos Aji Kuning dengan mendatangi Patok Lama 03 dan sekaligus mendatangi Patok Baru P.02 yang berjarak kurang lebih 30 meter. Setelah itu Pangdam VI/Mulawarman beserta rombongan bergerak ke Pos Aji Kuning Satgas Pamtas Yonif 623/BWU untuk meninjau pos tapal batas negara di Desa Aji Kuning, Sebatik Tengah, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara.

Selanjutnya rombongan Pangdam VI/Mulawarman bergerak menuju Nunukan menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Sei Nyamuk, Sebatik menuju Pelabuhan Lintas Batas Laut (PLBL) di Nunukan untuk menuju Pos Komando Taktis (Kotis) Satgas Pamtas Yonif 623/BWU. Di Pos Kotis Pangdam VI/Mulawarman disambut oleh para prajurit Satgas Pamtas Yonif 623/BWU selanjutnya menerima paparan Dansatgas Pamtas Yonif 623/BWU Letkol Inf Yordania, S.I.P., M.Si di Ruang Yudha Makotis sebelum memberikan pengarahan dihadapan prajurit Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 623/BWU dan prajurit Kodim 0911/Nunukan.

Dalam pengarahannya Pangdam VI/Mulawarman menyampaikan kepada prajurit Satgas Pamtas Yonif 623/BWU dan prajurit di jajaran Kabupaten Nunukan bahwa dalam mengawali tugas sebagai Pangdam VI/Mulawarman ingin melihat langsung satuan penugasan yang berada di wilayah perbatasan negara RI-Malaysia.

“Substansi dari tugas pengamanan perbatasan adalah meyakinkan wilayah kedaulatan negara berada ditangan kita yaitu tidak ada patok yang bergeser dari tempatnya dan dalam kunjungan ini juga sekaligus saya ingin melihat pos-pos satuan pengamanan perbatasan terluar,” ujar Pangdam.

“Saya juga mendengar prestasi yang sudah diraih oleh Satgas Pamtas Yonif 623/BWU dalam pengamanan pembawa tujuh kilogram sabu dan kegiatan lainnya yang membanggakan dan semoga dapat membawa satuan ini berangkat ke luar negeri bergabung dengan pasukan penjaga perdamaian PBB,” imbuh Pangdam melanjutkan.

“Kesempatan kali ini saya akan memberikan penegasan bahwa tugas pengamanan perbatasan sedikit berbeda dengan satuan penugasan lainnya karena tidak ada lawan yang sebenarnya melainkan adalah diri sendiri. Untuk itu saya berpesan jangan lupa dengan keluarga, selalu berkomunikasi dan manfaatkan waktu yang ada secara baik agar dapat meraih prestasi yang membanggakan,” lanjut Pangdam mengakhiri.

Pada kesempatan ini juga, Pangdam VI/Mulawarman beserta ibu memberikan bingkisan kepada prajurit Satgas Pamtas Yonif 623/BWU dan sekaligus memberikan plakat kepada Dansatgas Pamtas Yonif 623/BWU dan sebaliknya Dansatgas Pamtas Yonif 623/BWU memberikan plakat kepada Pangdam VI/Mulawarman. Kegiatan kunjungan ke Makotis Satgas Pamtas Yonif 623/BWU di Nunukan diakhiri dengan foto bersama.