KODIM 1002/BARABAI SIAP SUKSESKAN PROGRAM GERMAS DAN DEKLARASI DESA ODF

Barabai,(06/10/2018). Kepala Staf Kodim 1002/Barabai Mayor Inf Pahrijani bersama dengan seluruh perwira dan anggota Kodim 1002/Barabai serta anggoat Persit Kartika Chadra Kirana Cabang XXV Dim 1002 Koorcab Rem 101 PD VI/Mulawarman mengikuti pencanangan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Deklarasi desa ODF (Open Defecation Free) dilapangan Dwi Warna Barabai bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Hulu Sungai Tengah.

Kodim 1002/Barabai Korem 101/Antasari siap menyukseskan Program Germas dan Deklarasi desa ODF (Open Defecation Free) ini sejalan dengan program kerja yang sudah dilaksanakan oleh Kodim 1002/Barabai Korem 101/Antasari yaitu karya bakti pembuatan jamban yang sudah kami laksanakan selama ini, tutur Kepala Staf Kodim 1002/Barabai Korem 101/Antasari Mayor Inf Pahrijani yang mewakili Dandim 1002/Barabai.

Dalam sambutan Plt. Bupati HST yang dibacakan oleh Asisten II Bpk Pandiansyah bahwa saat ini Indonesia menghadapi tantangan serius berupa beban ganda penyakit, perubahan gaya hidup di masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit. Oleh karena itu< Germas menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat, Germas adalah suatu tindakan sistimatis dan terencana yangdilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran,kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan tentunya pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga. Karena kelarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, dari proses pembelajaran hingga menuju proses kemandirian.

Adapun tujuan Germas itu sendiri adalah agar kesehatan terjaga tetap produktif, lingkungan bersih dan biaya berobat berkurang, sedangkan sasaran Germas  adalah seluruh lapisan masyarakat termasuk individu, keluarga dan masyarakat mempraktekkan pola hidup sehat sehari-hari.”tutup Pandiansyah.