Hadiri Lomba Talintingan Kodim 1008/Tanjung Turut Lestarikan Kebudayaan

Kapten Inf Fendry Mewakili Komandan Kodim 1008/Tanjung Menghadiri Kegiatan Lomba Pawai Talintingan Yang Diselenggarakan Oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Tabalong. Talintingan Biasa Juga Disebut Dengan Bagarakan Sahur (Membangunkan Orang Sahur). Ini Merupakan Suatu Aktivitas Sekelompok Pemuda Di Kalimantan Selatan Yang Bangun Di Tengah Malam Selama Bulan Puasa Dengan Tujuan Membangunkan Umat Muslim Untuk Makan Sahur. Tradisi Ini Sudah Ada Sejak Munculnya Islam Di Tanah Banjar Dan Berlangsung Secara Turun Temurun.

Adapun Tema Yang Diangkat Dalam Kegiatan Ini Adalah “Merajut Kekuatan Dalam Irama Kebersamaan Melestarikan Budaya Lokal Gasan Banua” Dilaksanakan Pada Hari Minggu Tanggal 3 Juni 2018 Bertempat Di Taman Giat Kota Tanjung, Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Lomba Diikuti Kurang Lebih 30 Peserta Lomba Dan Dihadiri Ratusan Warga Setempat Yang Antusias Ingin Menyaksikan Secara Langsung Kegiatan Lomba Tersebut.

 

Melalui Kegiatan Lomba Talintingan Secara Tidak Langsung Masyarakat Yang Ikut Serta Dalam Kegiatan Ini Berperan Dalam Membantu Melestarikan Kebudayaan Talintingan Yang Telah Lama Berlangsung Secara Turun Temurun Sekaligus Menjadi Jembatan Silaturahmi Antar Sesama.