Kodim Tanah Bumbu Bangun Jalan Tiga Km

Batulicin  – Komando Distrik Militer (Kodim) 1022 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membuka jalan sepanjang tiga kilo meter dengan lebar enam meter yang menghubungkan Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat dengan Kelurahan Batulicin.

“Pembukaan badan jalan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Komandan Kodim 1022 Tanah Bumbu Letnan Kolonel CZI Andi Setyawa, di Batulicin, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan TMMD merupakan kegiatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama Kodim 1022 yang memiliki tekad bersama menjaga keamanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mendorong suksesnya program pembangunan.

Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, menumbuhkembangkan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya, serta meningkatnya kemanunggalan TNI dan rakyat.

Dipilihnya Desa Barokah dan Kelurahan Batulicin pada pelaksanaan TMMD 2018 karena kecamatan tersebut memiliki lahan tidur yang sangat luas, namun belum ada akses jalan untuk menuju lokasi tersebut.

Dijelaskan, sebenarnya lahan tersebut sangat berpotensi untuk dijadikan lahan pertanian, akan tetapi selama ini balum ada jalan sehingga masyarakat banyak yang enggan menggara lahan tidur tersebvut untuk dijadikan sebagai lahan pertanian karena terkendala jalan yang belum ada.

Dilokasi tersebut untuk sektor pertanian dan perikanan sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat, karena potensi alam yang sangat mendukung.

Sehingga pihaknya memutuskan untuk mengambil lokasi tersebut sebagai implementasi program TMMD yang ke 101 oleh Kodim Tanah Bumbu.

“Untuk anggaran dalam pembuatan jalan sepanjang tiga kilo meter tersebut direncanakan menghabiskan dana sekitar Rp1,8 miliar.

Dana tersebut dari APBD Tanah Bumbu Rp1,5 miliar sedangkan dari Markas Besar Angkatan Darat Rp300 juta,” katanya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming dalam sambutanya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menambahkan, pemerintah daerah sangat mendukung dengan adanya program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI.

” Dengan adanya program ini pemerintah daerah merasa sangat terbantu untuk mensukseskan pembangunan daerah, oleh sebab itu kami mengharapkan agar program TMMD setiap tahunnya dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu,” paparnya.