BABINSA KODIM MARTAPURA LATIH MASYARAKAT MENJADI RELAWAN “EMERGENCY KASTURI TEAM”

BANJARBARU- Selasa 3/4/2018 Banyak organisasi relawan berdiri di Kalimantan Selatan ini namun tak semuanya dapat pembinaan langsung dari TNI Hal ini tidak membuat warga Kasturi II Rt 26/07 Kelurahan Sjamsudinnor, Kecamatan Landasan Ulin warga binaan Koramil-12/ LA urung untuk mendapatkan pembinaan.

Sebut saja Serda  Sudarsono anggota Babinsa Koramil-12/ La Kodim 1006 Martapura bersama unsur muspika membentuk dan melatih Organisasi relawan Rescue EKT ,( Emergency Kasturi Team) yang sepintas organisasi tersebut tidak ada perbedaan dengan barisan pemadaman kebakaran atau relawan lainnya.

Saat ini sudah beranggotakan 27 orang masyarakat relawan yang mendapatkan pembinaan dan pelatihan serta keterampilan, tak heran di EKT ini pula ada tenaga medis dokter yang ikut mengabdikan dirinya menjadi relawan.

Iya juga menuturkan terinspirasi dengan kondisi alam yang didominasi oleh rawa dan lahan gambut,pada saat musim kemarau memang sangat meresahkan.  Terutama mengenai kebakaran lahan yang mengakibatkan kabut asap di wilayah kota Banjarbaru.

Salah satu yang cukup menyita perhatian apabila kabut asap tersebut mengganggu penerbangan di bandara syamsudin noor landasan ulin banjarbaru. Akibat kabut asap tersebut penerbangan nasional bisa terganggu  berimbas pada aktifitas masyarakat  sehari hari pekerja maupun kegiatan pendidikan bisa berhenti total.

Mengantisipasi kejadian yang tiap tahun hampir selalu terjadi,babinsa kelurahan syamsudin noor serda sudarsono berinisiatif membentuk kegiatan kemasyarakatn yang bisa menjawab dengan cepat kegelisahan yg terjadi di masyarakat.

Ungkapnya bahkan keberadaan Organisasi EKT ( Emergency Kasturi Team) ini legelitasnya sudah tidak di ragukan lagi, pasalnya organisasi ini sudah terdaftar dipemerintah Kota Banjarbaru, dan ini direspon Walikota Banjarbaru Drs Nadjmi Adhani bahwa beliau sangat terbantu dan mendukung sepenuhnya.

Iya juga menyampaikan bahwa sepanjang 4 tahun terakhir hingga saat ini semenjak di bentuknya EKT ini bertepatan dengan Hari Jadi TNI 5 Oktober 2015,semua kegiatan baik dari pembinaan dan pelatihan hingga pengadaan dan  Mobil Rescue Emergency  Ambulan peralatanl pakaian portabel mesin slang semua hasil swadaya kita dan dibantu,hanya saja lahan dan Posko kami dipinjami oleh tokoh masyarakat

Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil S sos saat di temui usai memberikan arahan kepada sejumlah Pejabat perwira di ruang rapat mengataka keberadaan Organisasi EKT ini dibawah pembinaan Babinsa Koramil-12/ LA Serda Sudarsono dan Muspika Liang Anggang keberadaannya sangat membantu sekali bagi pemerintah dalam Penanggulangan Bencana Alam Kabut Asap.

Saya bangga mengapresiasi anggota saya Babinsa serda Sudarsono selain membantu mensukseskan Program pemerintah Upsus pajale juga mampu dan membina bahkan membentuk relawan Rescue Emergency Kasturi Team di desa binaannya.

Saya berharap EKT dibentuk selain untuk mengatasi kejadian karhutla di wilayah,juga bisa membantu masyarakat yg memerlukan penangan cepat,seperti membawa ibu hamil ke rumah sakit,menolong korban laka lalin,kebakaran perumahan dan membantu bumenjaga keamanan ketertiban di wilayah setempat. Ujar Dandim.