FKPBM Gandeng TNI AD dalam ketahanan pangan.

BANJARBARU- Forum Kerukunan Pemuda Bugis Makasar ( FKPBM) menggandeng TNI AD dalam hal ini Korem 101/Antasari dengan bantuan KUR dari Bank Artha Graha menanam jagung Hibrida di lahan pertanian Yonif 623/ Bhakti Wira Utama Banjarbaru.
Sabtu (17/3)

Ketua Umum FKPBM Daeng Rizal mengatakan pelaksanaan kegiatan ini difasilitasi oleh TNI melalui Korem 101/Antasari dilahan produktif Yonif 623 wilayah menggandeng Bank Artha Graha selaku Mitra kerja pemilik modal usaha dalam membantu penanganan usaha tani tanam jagung.

Tiga wilayah yang dipilih Bank tersebut di Kalimantan Selatan diantaranya Kabupaten Banjar, Kabupaten Pelaihari dan Kota Banjarbaru ada 150 hektar lahan yang siap ditanam tempat ini. Kegiatan ini juga bertujuan membantu mensejahterakan perekonomian petani, memberikan peluang kerja masyarakat, yang mana hasilnya kita beli sesuai standar harga dipasaran. Dalam hal ini petani juga kita berikan asuransi , nah kurang apa lagi petani semua di biayai oleh FKPBM. Ujar Daeng.

Sementara Direksi Bank Artha Graha Parulian pardede mengatakan. Artha Graha Peduli memiliki 5 pilar program yang menjadi fondasi utama kepedulian Artha Graha yaitu Peduli Lingkungan Hidup, Peduli Penanganan Bencana, Peduli Sosial, Budaya dan Pendidikan, Peduli Ketahanan Pangan dan Pemberdayaan Masyarakatserta Peduli Bantuan Hukum bagi masyarakat kurang mampu.
Kita bekerja sebatas kemampuan yang kita miliki. Untuk mendorong perekonomian nasional, pemerintah telah menginisiasi program pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah. Salah satunya yakni program Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Kredit ini disalurkan oleh perbankan yang telah ditunjuk pemerintah untuk membantu permodalan masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi, termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM). oleh karenanya
FKPBM bekerjasama dengan Bank Artha Graha melakukan kerja sama di bidang pertanian dengan memberdayakan para petani menanam jagung dilahan ini. imbuhnya.

Sedangkan Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya membenarkan bahwa kita bekerjasama dengan Forum Kerukunan Pemuda Bugis Makasar pemanfaatan lahan tidur yang ada,
dalam rangka mendukung program pemerintah dalam Ketahanan Pangan.

Putra juga sangat bahagia pada hari ini didampingi Kadis TPH Provinsi dan Dandim 1006/Martapura dan Danyon 623/Bhakti Wira Utama karena program ini bagian dari tugas kita mendukung pemerintah, tidak ada alternatif lain rakyat harus sejahtera, karena program ini sudah juga dicanangkan oleh Gubernur Kalsel agar swasembada pangan di kalsel terpenuhi dengan tidak impor.

Kegiatan ini harus sampai dan tepat sasaran baginya menguntungkan rakyat petani adalah harapannya jika ada yang menyalahgunakan dia akan kejar dan proses hukum berlaku, intinya petani harus sejahtera. Dalam pendampingan PPL dan Babinsa wajib membantu, memonitor kegiatan agar tidak ada setengah- setangah totalitas hingga akhir suksesnya kegiatan ini. imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan jaya, Direksi Bank Artha Graha Parulian pardede, Kadis TPH Provinsi Kalsel Ir. Fathurrahman, Ketua DPD FKPBM Kalsel Ahmad Tomi, DPC Banjarbaru Syaiful serta undangan lainnya.