Dandim 1006/Mtp Ceramah Wasbang Di Ponpes Darul Hijrah

Dengan dihadiri + 750 Santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra di Cindai Alus Martapura, Dandim 1006/Mtp Letkol Inf Ade Eka Putra, S.I.P,  didampingi Danramil 1006-06/Martapura dan para Pasi Dim 1006/Mtp memberikan ceramah wawasan kebangsaan pada seminar bela negara pada Selasa pagi (9/2).

Seminar bela negara ini dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok pesantren Darul Hijrah Putera Bapak KH. Drs. Zarkasyi Hasbi.Lc, Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pak Dandim atas kehadirannya yang sudah meluangkan waktunya menghadiri undangan untuk mengisi acara gelar seminar bela negara wawasan kebangsaan ini. Tujuan dari pada acara ini adalah untuk memberikan pandangan dan wawasan kepada para Santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, agar bisa mengerti dan memahami betapa pentingnya nilai – nilai kebangsaan dalam mempersatu umat.

Pada kesempatan itu hadir Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra KH. Zarkasi Hasbi dan para pembimbingnya. Pembekalan tentang wawasan kebangsaan ini perlu dilaksanakan mengingat rasa kebangsaan masyarakat akhir-akhir ini di nilai mulai luntur dengan muncul idealisme etnis sempit dan apabila dibiarkan niscaya NKRI akan pecah.

Dandim 1006/Mtp dalam sambutannya mengajak para santri untuk meningkatkan kembali rasa cinta dan bangga terhadap tanah air untuk mengantisipasi arus globalisasi serta perang generasi keempat yang menitik beratkan pada cyber war, proxy war, hybrid war yang akan merusak mental dan karakter masyarakat Indonesia yang akan menimbulkan kehancuran Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Dandim mengatakan bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar terdiri dari 17.504 pulau besar dan kecil, berbagai suku agama, budaya dan adat istiadat yang berbeda, untuk itu harus dibangun pilar NKRI yang kokoh dan kuat diantaranya adalah Budaya dimana sifat gotong royong, toleransi antar umat beragama saling bantu, Ekonomi kemajuan ekonomi suatu Negara menandakan kekuatan Negara untuk bertahan, Politik ini merupakan faktor penentu arah pembangunan bangsa, dapat memajukan bangsa tetapi dapat juga meruntuhkan suatu Negara bila salah dalam menjalankannya, Militer TNI merupakan pilar pemersatu bangsa lahir dari rakyat, berjuang bersama rakyat untuk tetap mempertahankan NKRI sedangkan Konsensus dasar dalam kehidupan bernegara adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika

Mengakhiri ceramahnya Dandim berharap kepada para santri yang merupakan generasi muda penerus bangsa dapat menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, hayati dan pahami secara utuh butir-butir wawasan dan kebangsaan sehingga dapat mencintai dengan ikhlas kepada Bangsa dan Negara. Kalian harus punya cita-cita yang luhur dan logis sehingga bertekad dapat meraihnya dan tidak menutup kemungkinan diantara para santri nantinya akan menjadi pemimpin bangsa imbuh Dandim dalam menutup ceramahnya. Setelah acara ceramah Dandim memberikan kesempatan tanya jawab kepada para santri.(Penrem 101/Ant)

Untitled-7