Kodim 1022/Tnb Melaksanakan Latnister 2015

(Batulicin). Guna meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat secara nyata, Komando Distrik Militer 1022/Tnb. menggelar latihan tehnis teritorial (latnister). Sebanyak 50 personel ikut kegiatan tersebut yang telah diagendakan selama 1 minggu di Aula Makodim, mulai tanggal 23 Maret sampai 26 Maret 2015.
Komandan Kodim, Letkol Inf Mustakim mengatakan, Latnister merupakan program rutin yang dilaksanakan satuan Komando Kewilayahan (Kowil). Dengan tujuan memberikan pembinaan teritorial kepada aparat Babinsa di masing-masing wilayah. “Danramil dan Babinsa harus memiliki kualitas dan kemampuan teknis territorial. Baik secara perorangan maupun satuan,” katanya, Senin (23/3) yang lalu pada saat pembukaan. Dikemukakan, pembinaan teritorial (binter) sangat penting dalam kesatuann TNI AD. Sehingga, kemampuan teknis dalam satuan komando kewilayahan harus dilakukan secara terencana, terarah dan berkelanjutan. Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan mencakup bina geografi, demografi dan kondisi sosial. Serta kemampuan mewujudkan ruang, alat dan kondisi wilayah.
Dandim menjelaskan, nara sumber dalam Latnister tersebut adalah Danramil-Danramil yang telah ditunjuk dan para pemateri dari internal Kodim, program pelatihan tidak dilaksanakan asal jalan.“Perwira yang ditugaskan menjadi pemateri benar-benar menguasai materi dengan baik. Sedangkan juga memiliki kemampuan untuk menerima semua materi dengan baik. Keduanya ada umpan balik komunikatif antara tutor dan dan peserta,” tandas Letkol Inf. Mustakim.
Diharapkan dengan selesai pelaksanaan Latnister ini akan menambah wawasan dan motifasi lebih dalam pelaksanaan tugas.(Penrem 101/Ant)084