Dandim 1022/Tnb Hadiri Upacara Melasti

( Batulicin /18/3/15 ). Hari raya suci Umat Hindu yang umum dirayakan adalah : Nyepi, Galungan, piodalan, Sarasvati puja, Sivaratri puja dan sebagainya. Diantara pelaksanaan hari raya suci tersebut yang paling menonjol adalah hari raya Nyepi jatuhnya dalam periode waktu satu tahun sekali tepatnya pada tahun baru saka.
Rangkaian perayaan hari raya Nyepi dimulai dengan acara Melasti, kemudian sehari sebelum hari raya Nyepi dilangsungkan upacara Bhuta Yajna, dan sebagai hari penutup dilaksanakan Ngembak Agni sehari setelah hari raya Nyepi.
Kabupaten Tanah Bumbu, termasuk daerah transmigrasi yang beragam dari daerah asalnya, termasuk di diantaranya trans dari warga Bali yang mayoritas ber agama Hindu. kegiatan Melasti kali ini dipusatkan di Desa Sumber Sari Sebamban Kec. Sei Loban yang dimulai sejak pk.10.00 wita dengan dihadiri oleh Bupati Mardani H Maming, Dandim Letkol Inf Mustakim beserta unsur Muspida, anggota Dewan, Parisada Prov, Parisada Kab., Muspika, tomas, toga dan todat. sekitar 1500 orang yang menghadiri kegiatan terlihat semarak.
sebelum acara berakhir, para tamu undangan di perlihatkan tari-tari an seperti Tari Rejang Dewa dan Tari Side Karya. acara selesai pk.15.00 wita berjalan dengan lancar dan tertib.(Penrem 101/Ant)069