Penerimaan Taruna Akademi Militer Tahun 2014

Markas Besar TNI Angkatan Darat memberikan kesempatan kepada seluruh Pemuda Indonesia untuk menjadi perwira TNI AD melalui Pendidikan Akademi Militer (Akmil).

Dalam pengumuman Nomor: Peng/23/III/2014 tentang Penerimaan Taruna Akademi Militer Tahun 2014.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi para calon:

  • Warga Negara Indonesia pria, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia pada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Bukan prajurit TNI, Polri dan PNS.
  • Umur pada saat mengikuti pendidikan tanggal 1 Agustus 2014 tidak kurang 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih 22 tahun.
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat dan tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap
  • Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba,bagi calon yang menggunakan kacamata/Lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri
  • Lulus SMA/SMU/Madrasah Aliyah atau yang setara, jurusan/program IPA dengan persyaratan Nilai Ujian Nasional :
  • Lulusan tahun ¬†2010 Nilai Rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata Pelajaran) .bagi calon yang menggunakan kacamata/Lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai akhir rata-rata tidak kurang dari 7,5.
  • Lulusan 2011 nilai rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada nilai dibawah 6 (Gabungan nilai UN dan nilai sekolah) . bagi calon yang menggunakan kacamata/Lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai akhir rata-rata tidak kurang dari 8 dan tidak ada nilai dibawah 7.
  • Lulusan tahun 2012, lulus ujian nasional dengan nilai rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) minimal dari 7,25 dan tidak ada nilai dibawah 6. bagi calon yang menggunakan kacamata/Lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai akhir rata-rata tidak kurang dari 8,25 dan tidak ada nilai dibawah 7.
  • ¬†Lulusan tahun 2013, lulus ujian nasional dengan nilai rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) minimal dari 6,87 . bagi calon yang menggunakan kacamata/Lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai akhir rata-rata tidak kurang dari 7,87.
  • Lulusan tahun 2014 akan ditentukan kemudian.
  • Tinggi badan tidak kurang dari 167 Cm dan berat badan seimbang.
  • Harus ada persetujuan dari orang tua/wali
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak nikah selama menjalani pendidikan
  • Sanggup melaksanakan ikatan dinas pertama selama 10 tahun terhitung mulai dilantik menjadi perwira TNI; serta
  • Bersedia untuk ditempatkan diseluruh wilayah Republik Indonesia.

Akademi MiliterSelain itu para calon juga harus lulus mengikuti tes pemeriksaan/pengujian meliputi tes administrasi, kesehatan, jasmani (postur lahiriah dan kemampuan), tes wawancara, Psikologi, Akademik. Adapun persyaratan lain yang harus dipenuhi bagi para calon taruna akmil adalah tidak memiliki tato/bekas tato, tidak ditindik/bekas tindik di telinga atau anggota badan lain kecuali karena ketentuan agama/adat, bagi calon taruna akmil yang memperoleh ijazah dari Negara lain, harus mendapatkan pengesahan dari Depdiknas.

Bagi Calon yang berminat mendaftar harus datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan membawa Kartu Kewarganegaraan (bagi keturunan WNA), akte kelahiran/Surat Kenal Lahir, KTP calon dan KTP orang tua/wali, Kartu Keluarga (KK), Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 X 6 cm sebanyak 2 lembar, STTB SD, SMP dan SMA berikut danem atau Nilai Ujian Akhir Nasional. Sedangkan bagi para calon taruna akmil yang masih duduk di kelas III SMA agar melampirkan rapor kelas I s.d III semester I serta membawa surat keterangan dari kepala Sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta UAN.

Jika persyaratan kurang jelas Para Calon bisa mendatangi tempat-tempat pendaftaran yang telah ditentukan oleh Panitia Daerah (Panda). Selama proses pendaftaran dan seleksi calon Taruna Akmil tidak dipungut biaya apapun.

Bagi yang dinyatakan lulus seleksi, langsung mengikuti pendidikan di Akademi Militer Magelang selama empat tahun, setelah lulus akan diangkat menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua dan dengan gelar sarjana S1 Pertahanan. Selain mengikuti pendidikan jenjang atau karier di lingkungan TNI, mulai pangkat Kapten diberi kesempatan untuk mengikuti program S2 atau S3 di luar negeri.

Untuk informasi lebih lengkap bisa mendatangi kantor Ajendam VI/Mlw, kantor Ajenrem 091/Asn dan Ajenrem 101, maupun Kodim-Kodim setempat.