Kodim 1009/Pelaihari Dan Dishut Kab. Tala Gagalkan Kegiatan Illegal Logging

Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1999 Tentang kehutanan, maka seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan hutan yang ada di daerahnya masing-masing.
0342013
Berada di desa Batakan Kecamatan Panyipatan, anggota Kodim 1009/ Pelaihari bersama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Laut dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Provinsi Kalimantan Selatan dengan dibantu aparat desa dan masyarakat desa Batakan melaksanakan kegiatan razia penebangan kayu ilegal ( Illegal Logging ). Dalam pelaksanaan kegiatan ini gabungan unsur TNI dalam hal ini Kodim 1009/ Pelaihari beserta Instansi terkait dan masyarakat sekitar berhasil menggagalkan pengiriman kayu ilegal jenis galam sebanyak 100 meter kubik.

Menurut laporan masyarakat sekitar desa Batakan, kegiatan penebangan kayu ilegal ini sudah berlangsung cukup lama. Tetapi setiap akan diadakan razia setiap itu pula tidak ada kegiatan ataupun bukti-bukti yang ditemukan, apakah alat yang digunakan untuk menebang kayu, alat transportasi pengangkut kayu maupun kayu itu sendiri. Yang ada hanyalah sisa-sisa potongan dan bekas-bekas tunggul pohon saja.
Namun berdasarkan informasi-informasi yang dikumpulkan dengan cukup lama dan koordinasi dengan berbagai pihak maka kegiatan yang dilaksanakan dapat berhasil sepenuhnya. (Penrem 101/Ant)