OUT BOUND PRAMUKA SAKAWIRA KODIM 1009/PLH

Saka Wira Kartika Tanah Laut atau yang lebih dikenal dengan sebutan SAWIKA TALA yang berpangkalan di Markas Kodim 1009 / Pelaihari pada Senin, 04 Juli 2011 pukul 16.00 WITA lalu membuka PERSESARU (Perkemahan Senin Selasa Rabu) Dandim 1009 / Pelaihari, Letkol Inf Akhmad Yani dalam membuka PERSESARU dengan jenis kegiatan yang bersifat perlombaan kepramukaan, adu ketangkasan dan kreatifitas, pendidikan kepramukaan, pembentukan fisik dan mental serta berisi pengetahuan Sawika ini mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengambil hikmah disetiap kegiatan yang sudah direncanakan oleh Pamong Saka Wira Kartika serta Dewan Saka Wira Kartika sehingga pelaksanaan PERSESARU ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta serta dapat digunakan untuk kepetingan umum. Selain itu Dandim 1009 / Pelaihari pun berpesan kepada Pamong Saka agar berhadir di setiap melaksanakan kegiatan dan tidak melupakan peralatan pengamanan dan berpegang teguh pada Dasa Darma Pramuka.Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam ini pun bervariasi dari pengarahan kesehatan, penyuluhan NAPZA, diskusi interaktif, anjangsana, pemutaran film, renungan, pentas seni, apiunggun, permainan ketangkasan, caraka, out bound,

 

lintas medan dengan jarak + 10 Km, reboisasi, pembuatan bahan bakar Biogas, pembuatan hasta karya dari barang bekas, lomba masak, dll.
“Tujuan diadakannya kegiatan PERSESARU ini adalah membina & mengembangkan pengamalan terhadap Tri Satya & Dasa Darma, menjadikan pramuka yang kreatif, produktif, edukatif, inovatif & rekreatif serta meningkatkan wawasan kepramukaan Bela Negara serta Cinta Tanah Air” ujar Nella Ratna Sari selaku Ketua Dewan Saka Wira Kartika tersebut.
“Saya harap kegiatan ini juga bisa menjadikan sumber motivasi & inovasi baru untuk seluruh peserta PERSESARU ini selain untuk meningkatkan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan wawasan bagi peserta PERSESARU sendiri” tambah mahasiswi IAIN Antasari Banjarmasin ini.
“Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, jiwa kepemimpinan dan  kepercayaan diri disamping menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan serta persatuan antar anggota” ujar Muhammad Helman siswa MAN Pelaihari selaku ketua panitia disela kegiatannya.
Perbedaan bukanlah halangan dalam tercapainya satu tujuan, terbukti walaupun anggota PERSESARU berasal dari sekolah – sekolah berbeda yaitu, SMAN 1 Pelaihari, MAN Pelaihari, SMA PGRI Pelaihari, SMKN 1 Pelaihari, SMKN 2 Pelaihari, SMA 2 Pelaihari, SMAN 1 Kintap, SMAN 1 Jorong, SMAN 1 Takisung, SMKN 1 Takisung. Namun mereka dapat mencapai tujuan kegiatan dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh Panitia.
Senyum ceria dan tawa bahagia selalu terpancar dari wajah mereka, sepadat padat apapun kegiatan yang mereka laksanakan. Dan dengan diadakan nya acara Api Unggun pada malam Rabu pukul 23.00 WIB dengan perubahan susunan petugas pengucap DASA DARMA selaku sumber Api Abadi menambah semangat para peserta. Hiburan dengan kemeriahan tawa canda menyertai berjalannya waktu di malam terakhir tersebut.Di hari terakhir PERSESARU menghabiskan waktu dengan melaksanakan senam pramuka bersama, dilanjutkanb dengan penanaman bibit tanaman,pembuatan bahan bakar biogas, cerdas cermat, lomba madding, pembuatan hasta karya dengan barang bekas multi fungsi dan daya guna juga bermanfaat dan terakhir permainan ketangkasan.Kegiatan diakhiri dengan di tutupnya PERSESARU pukul 15.00 WITA. Oleh Dandim 1009 / PLH, Letkol Inf. Ahmad Yani yang di hadiri oleh Kasdim 1009 / PLH, pamong saka wira kartika, staf pamong saka wira kartika, staf dewan saka wira kartika, dan Dewan ketuaq dari dewan saka bhayangkara, saka kencana, dan saka taruna bumi.