Korem 101/Ant Buat Senyuman Indah Pasien Bibir Sumbing

Bibir sumbing adalah cacat lahir yang dialami ribuan bayi di dunia setiap tahunnya. Hingga kini penyebab bayi bibir sumbing masih belum jelas. Dugaan terbesarnya masih karena faktor genetik atau pembelahan sel yang tidak sempurna. Bibir sumbing sudah terjadi pada janin usia 5-9 minggu yakni ketika mulai terjadi proses pembentukan mulut dan langit-langit mulut. Saat itulah diduga terjadi pembelahan sel tidak sempurna yang bisa akibat janin kekurangan zat besi atau mengalami radiasi.

Operasi bibir sumbing adalah jalan terbaik untuk memperbaiki kelainan ini. Dengan operasi bibir sumbing anak akan memiliki ucapan yang baik, memperbaiki penampilan wajah dan memudahkan fungsi rahang dan gigi untuk menggigit.

Dalam rangkaian Bakti Sosial Korem 101/Ant pada tanggal 16 s/d 18 masih bertempat di RS. Dr. R. Soeharsono bekerja sama dengan tim medis OBI dilaksanakan operasi bibir sumbing bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang di bawa oleh masing-masing Dandim jajaran Korem 101/Ant dengan dapat mengoperasi pasien sebanyak  49 orang, adapun lanjutan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan pada hari senin (20/6) akan diadakan operasi hernia.(Penrem 101/Ant)