Kodim 1008/Tjg Laksanakan Upacara 17an

Komando Distrik Militer 1008/Tanjung melaksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan di Lapangan Markas Komando Distrik Militer Jalan Jaksa Agung R.Suprapto, Rabu (18/05).

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 1008/Tjg Letnan Kolonel Inf Bambang Indrayanto. Sekaligus membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono,SE  dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Upacara mengatakan bahwa bulan Mei ada 2 momentum penting yang mewarnai sejarah perjalanan bangsa yaitu Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional yang di pelopori oleh Dr. Sutomo  pada tanggtal 20 Mei 1908 silam, serta meneguhkan kembali komitmen seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan 4 pilar yang menjadi konsensus dasar bangsa Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhenika Tunggal Ika serta Panglima TNI menyampaikan beberapa atensi dan harapan sebagai peganggan dalam mengemban tugas kedepan :

Pertama,         Senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moral, etika dalam membangun kehidupan bermasyarakat yang lebih baik serta sebagai landasan spiritual dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan Negara.

Kedua,            Utamakan kearifan dan keteladanan dalan segala pemikiran, sikap dan tindakan baik di lingkungan satuan maupun dalam bergaul dilingkungan masyarakat, perkokoh kemanunggalan TNI–Rakyat sebagai landasan bagi terwujudnya soliditas dan solidariras sosial, serta terwujudnya persatuan dan kesatuan nasional.

Ketiga,           Tingkatkan kewaspadaaan dan ketanggap segeraan terhadap setiap upaya yang ingin melemahkan dan mengganggu stabilitas nasional yang kondusif, apabila ingin menggagalkan program pembangunan nasional. Senantiasa “ Siap siaga” untuk melaksanakan “OMSP” khususnya berkaitan dengan “ tugas perbantuan” kepada POLRI maupun Pemerintah Daerah.

Keempat,       Tingkatkan terus soliditas dan solidaritas satuan serta disiplin, dedikasi dan loyalitas prajurit demi semakin kokohnya Integrasi TNI demi suksesnya embanan peran dan tugas pokok TNI, Tingkatkan koordinasi, integrasi, singkronisasi dan simplikasi (KISS), antara TNI dengan Pemda dan POLRI, sehingga pembangunan nasional di daerah dapat lebih terpacu, lebih berhasil dan berdaya guna. Optimalkan setiap peluang dan kapasitas.

Kelima,         Optimalkan kemampuan analisa dan penalaran terhadap setiap perkembangan lingkungan strategis berikut segala dampak dan kecendrungannya dalam rangka mempertajam visi dan memperkaya wawasan sehingga dapat menjamin validitas dan akurasi persepsi ancaman yang bakal kita hadapi, sekaligus kembangkan kapasitas dalam membangun akses atau jejaring kerja (Networking) yang seluas – luasnya.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan Upacara 17an seluruh personel Kodim 1008/Tanjung dan Koramil jajaran menerima jam Komandan yang bertempat di Aula Makodim 1008/Tjg.(Penrem 101/Ant)