Kategori Berita
Arsip Berita
Dandim 1002/Brb Dan 1003/Kdg Hadiri Forum Pertemuan Kab. HSS Dan HST

Konflik dua Desa yang ada di Kabupatan Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Minggu (24/7) hingga membawa korban jiwa yang akhirnya, menjadi perhatian kedua Kepala Daerah setempat.

Untuk merealisasikan perhatiannya, kedua Bupati ini menggelar pertemuan di Pendopo Kabupaten HSS pada (26/7), yang didampingi oleh masing-masing unsur pimpinan Muspida. Dalam hal ini Komandan Kodim 1002/Brb Letkol inf Heri Pribadi dan Komandan Kodim 1003/Kdg yang di wakilkan oleh Kasdim 1003/kdg Mayor Inf Priandy turut hadir dalam acara tersebut. Pertemuan kedua Bupati ini mengambil tema “Musyawarah Mufakat Dalam Penyelesaian Masalah Dan Antisifasi Dini Konflik Sosial Untuk Mewujudkan Keamanan Dan Kesejahteraan Masyarakat”. Dalam pertemuan tersebut, kedua bupati menyepakati Nota Kesepakatan bersama antar dua Kabupaten dengan isi kesepakatan diantaranya pertama mencegah timbulnya Konflik yang dapat  meresahkan warga masyarakat yang berada di perbatasan. kedua meningkatkan kesadaran warga untuk mematuhi segala ketentuan perundang-undangan yang berlaku di dalam kegiatan perekonomian, sosial dan budaya sehingga tidak merugikan pihak lain. Ketiga menciptakan  kehidupan yang rukun dan damai antara warga yang berbatasan. Keempat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khusus di daerah perbatasan. Sedangkan isi dari ruang lingkup dari kesepakatan terdiri dari perikanan, peternakan, sosial kemasyarakatan, pendidikan, perbatasan dan infrastruktur yang ada di perbatasan.

Disisi lain untuk mengantisipasi adanya isu penyerangan antara kedua Desa khususnya Desa Bangkau dan Desa Mentaas pihak yang berwajib khususnya aparat Muspida Kab. HSS dan Kab. HST akan melaksanakan patroli gabungan dan melaksanakan razia secara terus – menerus terkait penangkapan ikan secara illegal (Mencari ikan dengan alat setrum). (Penrem 101/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kol. Inf. Suharjono, S.IP. Danrem 101/Ant