Kategori Berita
Arsip Berita
Anggota Kodim 1002/BRB Terima LUHKUM

Barabai, (12/12). Masih ditemukannya pelanggaran dan tindak pidana yang dilakukan oleh oknum anggota TNI pada tahun 2011 s.d akhir tahun 2012 diantaranya penyalahgunaan Narkotika, Illegal Logging, Illigal Mining, Illegal BBM, Perzinahan dengan KBT dan pelanggaran lalu lintas sebanyak 65 kasus dengan korban 23 orang meninggal dunia, 42 luka-luka menjadi Atensi dari pimpinan TNI-AD.

Anggota Kodim 1002/BRB Terima Penyuluhan Hukum

Anggota Kodim 1002/BRB Terima Penyuluhan Hukum

Dengan dasar tersebut Subdenpom VI/2-1 Kadangan mengadakan penyuluhan hukum kepada seluruh anggota Kodim 1002/Brb bertempat di Aula Sapta Marga Makodim 1002/Brb.

Sambutan Kasdim 1002/Brb Mayor Inf Banani, S,Pd menyampaikan selamat datang di Makodim 1002/Brb dan terima kasih kepada Dansubdenpom VI/2-1 Kdg beserta rombongan yang telah datang untuk memberikan penyuluhan hukum kepada anggota Kodim 1002/Brb dan bagi anggota agar mengikuti peyuluhan hukum ini dengan seksama dan apabila ada hal-hal yang kurang jelas agar langsung ditanyakan kepada Dansubdenpom VI/2-1 Kdg.

Disampaikan oleh Dandubdenpom VI/2-1 Kandangan Lettu Cpm Mujito bahwa hukum adalah Peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib. Pelanggaran mana terhadap peraturan-peraturan tadi berakibat diambilnya tindakan yaitu dengan hukuman tertentu. Adapun ciri-ciri hukum adalah adanya Perintah dan/atau larangan. Perintah dan/atau larangan itu harus dipatuhi dan ditaati oleh setiap orang.

Sedangkan unsur-unsur tindak pidana antara lain: Adanya subyek atau pelaku (Manusia Badan Hukum), Adanya kesalahan (Ada perbuatan pidana/kesalahan), Bersifat melanggar hukum (Ada peraturan / Undang-undang yang dilanggar), Adanya tempat, waktu dan keadaan (Adanya tempat kejadian perkara, Adanya waktu tertentu, keadaan, terpaksa, sengaja dan lalai).

Selain itu disampaikan juga tentang tata cara prosedur tindakan disiplin bagi anggota yang melanggar hukum mulai dari tingkat satuan sampai ketingkat pengadilan militer.

Di akhir penyuluhannya Dansubdenpom VI/2-1 Kdg menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Kodim 1002/Brb atas kerjasamanya sehingga kegiatan Luhkum dapat berjalan dengan tertib dan diharapkan kedepan anggota Kodim 1002/Brb tidak ada lagi yang melanggar Hukum lagi.(Kodim Barabai)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kol. Inf. Suharjono, S.IP. Danrem 101/Ant